Contoh Tesis ~ Studi Tentang Pelaksanaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)

Contoh Tesis ~ STUDI TENTANG PELAKSANAAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA 

Dalam penyelenggaraan SBI di SMK ada berbagai masalah yang harus dihadapi diantaranya belum optimalnya dalam mempersiapkan siswanya untuk memasuki dunia kerja baik dalam negeri maupun luar negeri, penguasaan bahasa asing, dan kurikulum nasional masih belum dapat bersaing secara internasional, serta masalah pendanaan yang memerlukan dana yang relatif besar.

Pada tahun 2006 Departemen pendidikan Nasional, melalui Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor 2835/C.5/MN/2006, SMK Negeri 6 Surakarta termasuk dalam daftar sekolah program persiapan SMK bertaraf internasional. Pada Surat Keputusan tersebut, program keahlian di SMK Negeri 6 Surakarta yang ditetapkan sebagai program unggulan adalah Usaha Jasa Pariwisata. Penyelenggaraan SBI di SMK Negeri 6 Surakarta dibiayai oleh ADB (Asian Development Bank), sehingga disebut dengan SMK Model SBI Invest (Indonesian Vocational Education Strengthening/Penguatan Pendidikan Kejuruan di Indonesia). Dari tahun 2006 tersebut SMK Negeri 6 Surakarta diberi dana bantuan oleh ADB untuk mengembangkan dan merintis sekolahnya agar memenuhi persyaratan sebagai sekolah bertaraf internasional. Selama kurun waktu dua tahun ini SMK Negeri 6 Surakarta mempersiapkan diri untuk melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi. Dari mempersiapkan kurikulum, sarana dan prasarana, gedung, jumlah siswa dan sebagainya. Saat ini SMK Negeri 6 Surakarta memiliki lima program keahlian, yaitu program Usaha Jasa Pariwisata (UJP), Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan, dan Multimedia. Mulai tahun Pelajaran 2008/2009 oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan untuk program keahlian Akuntansi dan Administrasi Perkantoran telah ditetapkan berpotensi untuk dikembangkan sebagai program keahlian unggulan yang berstatus SBI.

Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik mengadakan penelitian tentang penyelenggaraan SBI di SMK Negeri 6 Surakarta, dengan judul penelitian “Studi Tentang Pelaksanaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SMK Negeri 6 Surakarta”.

IdentifikasiMasalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, dapat diidentifikasi beberapa masalah antara lain :

  1. Banyaknya SDM yang membutuhkan pendidikan bidang keahlian khusus agar ?dapat langsung bersaing dalam dunia kerja baik nasional maupun internasional, akan tetapi kurangnya suatu program yang mampu memperhatikan dan menampung SDM tersebut.
  2. Persiapan-persiapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan rintisan SBI pada SMK 6 Surakarta belum maksimal.
  3. Salah satu hambatan dalam penyelenggaraan program rintisan SBI pada SMK Negeri 6 Surakarta yaitu masih kurangnya tenaga edukatif dan administratif yang sesuai dengan pelaksanaan program SBI
  4. Faktor yang mendukung kegiatan belajar mengajar dianggap belum berfungsi dengan baik.
  5. Masih kurangnya perangkat kurikulum yang dipakai untuk penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)?

Pembatasan Masalah

Agar penelitian lebih terfokus serta mempunyai arah yang jelas dan pasti, maka penelitian ini dibatasi pada :

  1. Pelaksanaan rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SMK Negeri 6  Surakarta.
  2. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan rintisan SBI di SMK Negeri 6 Surakarta
  3. Upaya yang dilakukan SMK Negeri 6 Surakarta dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan rintisan SBI ?

Perumusan Masalah

  1. Bagaimanakah pelaksanaan rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SMK Negeri 6 Surakarta?
  2. Hambatan-hambatan apa sajakah yang dihadapi dalam pelaksanaan rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SMK Negeri 6 Surakarta?
  3. Upaya-upaya apa sajakah yang dilakukan SMK Negeri 6 Surakarta guna mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk:

  1. Mengetahui pelaksanaan rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SMK Negeri 6 Surakarta,
  2. Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SMK Negeri 6 Surakarta,
  3. Mengetahui cara mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SMK Negeri 6 Surakarta.

Metode Penelitian

Sesuai dengan tujuan penelitian, maka peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Strategi yang digunakan adalah strategi tunggal terpancang, bila ditinjau dari aspek yang diteliti, penelitian ini merupakan studi kasus (case study). Dalam penelitian ini penentuan sampel menggunakan purposive sampling atau sampling yang bertujuan. Sumber data yang digunakan adalah informan, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan rintisan SBI di SMK N 6 Surakarta sudah hampir sesuai dengan pedoman rintisan SBI. Dimulai dari tahap perencanaan yang meliputi evaluasi diri dan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) berupa School Business Plan (SBP), tahap pelaksanaan, tahap fokus pengembangan sampai pada tahap monitoring pada umumnya sudah berjalan dengan baik, meskipun demikian ada beberapa hambatan yang dihadapi. Hambatan-hambatan tersebut antara lain,

  1. kurangnya ketersediaan dana untuk menunjang sarana dan prasarana pelaksanaan rintisan SBI,
  2. kemampuan bahasa Inggris yang masih kurang bagi tenaga edukatif dan administrasi dalam berbahasa Inggris,
  3. kurang menguasainya guru dalam penggunaan metode pengajaran,
  4. adanya guru yang apatis (kurang berprestasi).

Sedangkan upaya yang dilakukan pihak SMK N 6 Surakarta untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain, :

  1. SMK N 6 Surakarta hanya dapat menunggu dana diberikan, serta merealisasikan kegiatan dengan dana yang sudah ada,
  2. SMK N 6 Surakarta mengadakan pelatihan bahasa Inggris bagi tenaga edukatif dan tenaga administratif,
  3. Guru-guru SMK N 6 Surakarta hendaknya memodifikasi metode penyampaian materi dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola kelas,
  4. Serta pihak SMK N 6 Surakarta hendaknya memberikan suatu arahan atau pelatihan pada guru-guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengajar, SMK N 6 Surakarta khususnya pihak Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah memberikan arahan dan motivasi agar selalu meningkatkan kinerjanya baik dalam kegiatan seminar maupun rapat guru.

Read More Contoh Tesis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>